Langsung ke konten utama

Penyebab rem forklift truck wheelloader rusak

Cara Mudah Memperbaiki Kerusakan Booster Rem Forklift Truck Mobil Alat Berat | rem angin

     service forklift kali ini melakukan pengerjaan booster rem pada truck nissan CD340 built up di wilayah kragilan serang banten.sebelum melakukan service kita bahas dulu pengertian dari booster rem atau brake booster.beberapa sistim pengereman khususnya untuk kendaraan berat seperti truck tronton ataupun built up menggunakan sistim rem FAB ( full air brake ).

FULL AIR BRAKE adalah sistim pengereman dengan mengandalakan tenaga angin dari kompresor secara maksimal.jadi kekuatan angin berperan sangat besar karena di sistim ini pedal cuma berfungsi sebagai pembuka dan penutup angin saja atau valve brake.
sistim kerja rem FAB sebagai berikut
  • angin dari kompresor di salurkan menuju tabung kompresor
  • selanjutnya angin dari kompresor menuju pedal rem melalui pipa tekanan tinggi 
angin tekanan tinggi dari kompresor standbay di valve brake pedal jika pedal di injak angin di salurkan menuju booster selanjutnya mendorong piston yang ada dalam booster terus booster mendorong piston yang terdapat di master rem selanjutnya master rem mendorong minyak yang di salurkan ke master rem yang terdapat di roda disitulah kanvas rem terbuka dan menjepit tromol
  •  roda secara maksimal 
  • sebagai catatan pada saat angin standbay di pedal rem dan pedal tidak di fungsikan/ di injak tentunya angin di tabung kompresor akan menumpuk dan akan di buang melalui valve exaust bila tekanan sudah mencapai 9kg/cm 

jadi sistim rem yang menggunakan FAB (full air brake) power yang dominan menggunakan angin biasanya sistim ini di gunakan pada kendaran kendaran berat seperti truck tronton trailer built up bus dan sebagainya.

kelebihan dari sistem ini antara lain
  • pengereman lebih maksimal/kuat dan sangat kuat 
  • pedal rem sangat ringan 
  • mudah perawatanya
  • tapi perlu di ingat sebelum menjalankan kendaraan hidupkan mesin isi tabung kompresor sampai penuh atau mencapai 9kg/cm karna bila tabung belum terisi pengereman tidak akan berpungsi 
setelah pengertian FAB kita bahas kita melanjutkan service forklift pada truck nissan tronton type CD340 di wilayah kragilan serang banten dimana gejala kerusakan pengereman tidak maksimal.
langkah yang perlu di lakukan yaitu dengan mengecek 
ke bocoran tekanan angin dengan cara hidupkan mesin isi kompresor sampai penuh lalu bila sampai penuh atau sudah mencapai 9kg/cm matikan mesin selanjutnya periksa tekanan angin di kontrol panel apakah menurun atau tetap setabil jika tekanan menurun dengan sendirinya menandakan ada kebocoran di jalur angin cara mendektesi atau memeriksa kebocoran di jalur angin yaitu bisa menggunakan busa detrgent menggunakan kuas atau busa oleskan di setiap tabung,pipa pipa,hose atau selang, valve brake jika terdapat gelembung udara di situlah kebocoran terjadi
  • jika angin sudah tidak ada kebocoran periksa semua roda dari kemungkinan tekanan minyak bocor di bagian master roda kalo terjadi kebocoran perbaiki di bagian tersebut 
  • setel kanvas rem semua roda dengan cara dongkrak/angkat roda tapi perlu di ingat posisikan kendaraan di tempat yang aman dan datar ganjal roda depan dan belakang agar terhindar dari kecelakaan, setelah semua aman dan roda di dongkrak kencangkan baut penyetel sampai roda macet tidak berputar kemudian kendorkan setelan 2/3 putaran sampai roda bisa berputar kembali. tapi bila di setel roda tidak nau macet menandakan setelan rem/ kanvas sudah habis 
mari kita lanjutkan cara perbaikan dan pengantian sparepart 
  • penggantian kanvas rem dan master roda 
  • penggantian repair kit brake booster 
  • penggantian repair it brake valve seperti yang kami lakukan di kragilan serang banten 
PENGGANTIAN KANVAS REM DAN MASTER RODA
     kendorkan baud roda dan lepas roda sebelumnya posisikan truck dalam kondisi aman setelah di dongkrak bila roda atau ban sudah terlepas kendorkan setelan rem sampai habis untuk mempermudah melepas tromol, kemudian kendorkan baut as roda dan cabut as nya lalu lepas mur pengunci hub. cabut juga bearing roda jangan lupa periksa seal roda dari kerusakan lalau cabut tromol,setelah semua selesai tinggal kita lanjutan pelepasan kanvas rem dan pemeriksaan master rem dari kebocoran. periksa semua komponen dari keruksakan dan keausan ganti dengan sparepat baru. setelah pemeriksaan selesai lanjutkan pengerjaan pemasangan kembali yang sebelumnya sudah di bersihkan dahulu. untuk langkah pemasangan di awali dari komponen yang di lepas terakhir di pasang di awal yaitu.
  • pemasangan master roda terlebih dahulu 
  • di lanjutkan pemasaangan kanvas rem 
  • lanjut pemasangan bearing dan tromol di susul pemasangan mur hub pengunci 
  • seterusnya setel rem kencangkan sampai tromol tidak berputar/macet dan kendorkan 2/3 putaran 
  • lalu saatnya untuk running test yang baru kita perbaiki caranya adalah biarkan posisi tromol tetap di dongkrak pastikan tekanan angin penuh dan putar tromol dengan tangan lalu injak pedal rem, jika tromol mengunci bisa di pastikan sudah berfungsi dengan baik, tapi jika tromol tidak mengunci dengan kuat ada kemungkinan presurre tekanan minyak melemah atau tidak maksimal hal ini sering terjadi karena ada gelembung udara di jalur minyak atau yang biasa di sebut dengan istilah masuk angin. cara mengatasi masuk angin yaitu dengan cara tekan pedal rem dengan kondisi angin penuh lalu buka neple pembuangan yang terdapat di master roda dengan tetap menekan pedal rem. setelah neple terbuka dan gelembung udara keluar kencangkan dengan segera, lakukan langkah ini berulang ulang sampai tidak terdapat gelembung udara di jalur minyak atau neple pembuangan, jika hal ini di lakukan dengan benar bisa di pastikan pengereman bekerja secara maksimal dan sempurna 

PENGGANTIAN REPAIR KIT BRAKE BOOSTER

     Setelah istirahat siang di daerah kragilan serang banten team service forklift saatnya melanjutkan pekerjaan di bagian brake booster. langsung saja kita memulai pekerjaanya yaitu dengan melepas hose dan pipa pipa yang menempel di booster kemudian lepas brake booster, selanjutnya lepaskan booster dan kini saatnya membongkar booster dengen melepas baud pengikat tabung umumnya booster menyatu dengan master rem dan valve. periksa tabung dari kemungkinan aus atau lecet jika di dalam tabung terdapat minyak rem menandakan seal kit master rem bocor dan minyak rem mengalir ke tabung, buka dan periksa seal kit master rem dari kerusakan periksa juga cilinder atau housing master rem dari keausan atau cacat lalu buka dan periksa juga valve brake.
      Di sini perlu ketelitian untuk memeriksa piston valve dari kemungkinan cacat dan terganjal kotoran atau debu karena jika ada ke bocoran di seal piston itu akan mengakibatkan pengereman berfungsi dengan sendirinya tanpa kita menginjak pedal rem sekalipun yang tentunya truck berjalan dengan kondisi mengerem.hal ini mengakibatkan tromol menjadi panas dan tidak jarang menyebabkan pecah ban di tengah jalan, tentu saja kinerja mesin bertambah berat bahan bakarpun menjadi boros karena truck berjalan dengan kondisi mengerem. setelah komponen di periksa dari kemungkinan aus dan rusak saatnya melakukan perakitan kembali. langkah pertama yaitu:
  • pasang repair kit master rem 
  • pasang piston pada master rem dan seal boosternya lalau pasang tabung booster ke master rem yang sebelumnya tabung di olesi dengan grease atau pelumas lalu ikat pengunci tabung, setelah semua selesai untuk mempermudah pengerjaan pasang booster rem terlebih dahulu ke bracket mengingat posisinya yang agak sempit setelah booster rem terpasang baru pemasangan valve brake. di ujung valve brake terdapat oring untuk menyambung dan menutup kebocoran antara valve brake  dan booster rem perlu di ketahui bila di oring tersebut bocor angin akan terbuang sia sia pada saat pengereman tentunya rem tidak berfungsi karena tekanan angin tidak mendorong piston booster 
  • setelah semua selesai pemasangan, saatnya runing test yang sebelumnya tabung minyak rem di isi dengan penuh. 
  • untuk tahap berikutnya yaitu buka neple pembuangan yang terdapat di booster rem biarkan minyak rem ke luar sampai tidak terdapat gelembung udara, tapi perlu di ingat tabung minyak rem harus selalu penuh agar gelembung udara tidak masuk kembali. setelah benar benar gelembung udara tidak ada kencangkan neple pembuangan minyak selanjutnya test dan jalankan truck di tempat yang bebas hambatan. jalankan perlahan lalu coba lakukan pengereman.jika hasilnya bagus bisa di test dengan kecepatan lebih tinggi dan lakukan rem mendadak dan seterusnya sampe di dapat hasil pengereman yanag maksimal jika hal ini di lakukan dengan benar sudah tentu pengereman akan berfungsi dengan sempurna seperti yang pernah kita lakukan di beberapa tempat serang banten dan sekitarnya  
PENGGANTIAN REPAIR KIT BRAKE VALVE 
setelah minggu kemarin kita telah melakukan perbaikan brake booster, kanvas rem, master roda truck NISSAN CD340 kali ini service forklift storing truck tronton mitsubishi super great yang mogok di jalan tol bitung tangerang banten. penyebab keruksakan di bagian valve pedal, di mana pada saat pedal rem di injak angin bocor dari valve pedal.karena di jalan tol tidak boleh lama lama mobil mogok di jalan tol yang tentunya akan mengganggu pengguna jalan tol yang lain yang bisa mengakibatkan  kecelakaan kami berpikir keras agar penanganan dan pekerjaan ini di selesaikan dengan waktu yang singkat langsung saja kami melakukan pembongkaran brake valve pedal,pertama tama adalah dengan: 
  • mengendurkan baud pengikat brake valve pedal yang berjumlah tiga biji 
  • selanjutnya kabin truck di angkat untuk melepas pipa pipa yang berjumlah empat pipa 
  • langkah selanjutnya buka brake valve pedal yang tersusun dua bagian dengan melepas baud 8 mm berjumlah empat,lalu buka kit valve menggunakan tang snap ring ,obeng plus trus kunci shock 12 mm setelah terbuka cuci semua komponen pakai detergent yang di campur air setelah bersih ganti semua repair kit termasuk piston,lalu olesi housing atau rumah valve dengan grease kemudian pasang kembali dalam waktu kurang dari satu jam pengerjaan sudah selesai mengingat kondisi jalan tol yang rawan kecelakaan. selanjutnya truck bisa berjalan kembali dengan pengereman yang sempurna.
itulah pembahasan mengenai sistim pengereman dengan FAB (full air breake) dan kendala cara mengatasinya. semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.
untuk service forklift selanjutnya akan membahas cara mengatasi booster cluth atau kopling angin pada truck dan alat berat 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur