Langsung ke konten utama

Cara Mudah Mengatasi Mesin Cepat Panas | Service Forklift Truck Mobil dan Alat Berat

      Servcice forklift mengatasi Mesin Cepat Panas Pada Mobil Truck whelloader vibrator buldozer excavator 

     Sering kita mendengar mesin cepat panas lalu langsung memvonis  radiatornya benarkah demikian...??
jawabanya iya ...itu salah satu penyebab mesin cepat panas. sekali lagi kami katakan radiator cuma salah satu penyebab mesin cepat panas
lalu muncul pertanyaan kenapa radiator yang seharusnya berfungsi sebagai pendingin  tapi malah menimbulkan mesin cepat menjadi panas............. ???
berikut ini adalah catatan pribadi team service forklift cikarang. sistim pendingin mesin atau yang di sebut dengan istilah cooling system baik pada mobil truck genzet maupun alat berat antara lain adalah

  • radiator
  • thermostat
  • fanbelt
  • hose/selang
  • air
  • tangki air cadangan

ada beberapa faktor yang menyebabkan mesin cepat menjadi panas yaitu


  • cooling system dan system pembakaran

jika kedua hal tersebut bermasalah menyebabkan mesin cepat sekali menjadi panas bahasa kerennya overheating hehehehe....maaf kawan karena ini catatan pribadi jadi kami tulis dengan bahasa yang sederhana agar mudah di pahami oleh siapapun
mari kita lanjutkan pembahasan tentang 'si terduga penyebab mesin panas'  kawan............
  • radiator fungsi dari radiator adalah sebagai penampung air untuk mendinginkan mesin yang panas akibat pembakaran yang terjadi pada saat mesin hidup.komponen radiator terdiri dari upper tank atau tanki atas,lower tank atau tangki bawah,core radiator,cup atau tutup radiator
  • kinerja radiator bertugas menampung air panas dari mesin akibat pembakaran pada saat air berada di radiator kemudian didinginkan oleh kipas lalu kemudian di kirim kembali untuk mendinginkan mesin begitu seterusnya
  • sirkulasi air dari radiator di sedot oleh waterpump menuju block mesin kemudian naik keatas menuju cilinder head lalu kembali ke radiator lagi melewati thermostat dan hose.core radiator kecil dan di sekat sekat jadi bila ada kotoran ataupun endapan lumpur bisa menimbulkan penyempitan dinding core dan mengakibatkan sirkulasi tidak lancar bahkan bisa buntu tapi jika aliran air tidak tersumbat tidak ada masalah di dalam radiator.
lalu kenapa radiator cepat panas dan tidak mampu mendinginkan mesin........?  catatan dari team service forklift cikarang ada beberapa hal yaitu

  • pada saat air melewati waterpump kemungkinan waterpump tidak berfungsi dengan baik atau bahkan rusak sehingga suplay air dingin dari radiator ke mesin menjadi berkurang bahkan tidak ada sama sekali
  • pada saat air dingin melewati mesin kemungkinan ada uap atau tekanan panas dari pembakaran yang masuk atau bocor ke aliran air, ini yang sering di sebut dengan istilah kompresi bocor  dan menyebabkan air selalu panas terus
  • pada saat air dari mesin menuju radiator akan melewati thermostart dan jika valve ini rusak tidak terbuka air panas dari mesin tidak sampai ke radiator tapi akan kembali ke mesin lagi melewati hose by pass kalau seperti ini mesin akan selalu panas 
  • pada saat air mengalir melewati bagian sistim pendingin terjadi kebocoran baik pada hose,waterpump,radiator maupun yang lainnya sehingga jumlah air berkurang dan tentu akan menimbulkan panas yang berlebihan pada sistim pendingin.
  • pada saat air melewati core radiator kemungkinan kipas pendingin tidak bekerja dengan sempurna atau bahkan rusak sehingga tidak mampu mendinginkan air panas
  • pada saat jumlah air berkurang akibat penguapan karena panas cup radiator tidak berfungsi sehingga air yang ada di tanki cadangan tidak bisa mengisi kekurangan di sistim pendingin
Apabila ini terjadi terus menerus tentu radiator terlalu panas dan menyebabkan mesin menjadi overheating ini sangat berbahaya sekali.untuk mengetahui dan mengatasi hal ini simak catatan dari team service forklift cikarang tentang CEK YANG BERIKUT INI BILA MESIN MOBIL FORKLIFT DAN ALAT BERAT SELALU PANAS TERUS 

     Itulah beberapa penyebab yang menjadikan radiator menjadi terlalu panas dan bisa mengakibatkan overhetaing pada mesin.jadi kesimpulannya banyak faktor penyebab terjadinya panas pada mesin radiator cuma salah satu penyebabnya tapi sering kali di jadikan sebagai kambing hitam jika mesin panas ...hehehe....jika artikel ini bermanfaat silahkan share dan bagikan semoga berguna bagi orang lain

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur