Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Kendala Kelistrikan Forklift Truck wheelloader vibrator excavator

Service forklift electrical system pada mobil truck genzet maupun alat berat  adalah bagian sistim kelistrikan atau kabel body  sebagai alat perintah sebagai penggerak fungsi fungsi komponen dengan perkembangan tekhnologi yang semakin maju electrikal sistem banyak mengalami fungsi fungsi alat tambahan.tapi komponen dasarnya electrikal sistem hanya terdiri


  • accu atau batrey
  • kunci kontak
  • dinamo stater
  • kabel body
  • sikring
  • altenator atau dinamo amper
  • relay

itu setandar kelistrikan pada mesin diesel baik pada mobil truck ataupun alat berat dan genzet sekalipun saat ini banyak alat bantu tambahan seperti

  • ECU (electric control unit)
  • SENSOR 
dan masih banyak alat tambahan lainnya sesuai dengan type type unit model sekarang tapi itu akan kita bahas pada artikel yang berbeda di sini kita bahas mengenai sistim kelistrikan standar saja

untuk mengetahui penyebab kerusakan dari electrical system adalah dengan pemeriksaan secara cermat dan teliti masalah yang sering terjadi pada kelistrikan ini antara lain

  • mesin tidak bisa di hidupkan atau di starter
  • pada saat starter putaran mesin berat
  • aki selalu lemah walaupun kondisi aki masih bagus
  • tiba tiba mesin mati mendadak
untuk pemeriksaan selanjutnya


  • pastikan batrey volttasenya cukup bagus
  • sikring tidak putus
  • relay berfungsi
  • selanjutnya cek sambungan kabel batrey pastikan tidak terputus
  • lalu kunci kontak harus berfungsi dengan baik.
bila semua hal diatas sudah di lakukan dan kondisinya baik kemungkinan dinamo starter bermasalah periksa dan perbaiki atau ganti.jika semua sudah dalam kondisi baik tapi mesin masih tidak bisa di starter apalagi di hidupkan kerusakan yang terjadi bisa di sebabkan bukan dari system kelistrikan kemungkinan penyebabnya dari mesin atau sistem bahan bakar yang tidak sempurna.

sebagai catatan mengatasi mesin yang mati mendadak khususnya mesin diesel yang menggunakan valve selenoid pada pompa injeksi yaitu cek dan periksa suplay arus listrik pastikan sampai di valve selenoid injeksi pompa,bila arus listrik normal sampe di valve selenoid kerusakan terjadi bukan dari sistem kelistrikan.
selanjutnya untuk mengetahui  aki atau batrey yang  selalu lemah walaupun kondisinya masih baru umpama baru sebulan atau seminggu tapi selalu drop coba cek sistim pengisian dari altenator kemungkinan mengalami masalah antara lain

  • altenator tidak berfungsi atau rusak
  • altenator bagus tetapi suplay line tidak sampai ke batrey dalam artian putus di tengah bisa kabelnya ataupun sikringnya yang putus

ayo kita lanjutkan service forklift berikutnya selain berfungsi sebagai perintah menghidupkan mesin dan pengisian batrey,sistim kelistrikan juga berfungsi untuk perintah ke automatic transmision yang menggunakan valve selenoid dimana valve selenoid merupakan pengganti dari linkage spool valve kontrol sistim kelistrikan di sini mempunyai peran yang sangat dominan karena kerja selenoid menggunakan arus listrik yang pada umumnya arus DC
hubungan antara kelistrikan dan trnsmisi automatic yang menggunakan valve seleniod seperti ini

  • jika transmisi automatic yang menggunakan valve selenoid tidak bisa maju ataupun mundur periksa dahulu apakah arus listrik mencapai valve selenoid atau tidak dengan cara putar kunci kontak pada posisi ONN kemudian gerakan handle ke posisi maju atau F lalu periksa kabel yang ada di valve selenoid menggunakan tespen DC letakan kabel tespen di bodi atau terminal batrey negatif dan ujung tespen di kabel bila tespen menyala bisa di pastikan arus listrik sampe di valve selenoid dan lakukan juga untuk sebaliknya yaitu pada kabel valve selenoid yang mundur atau R dengan cara yang sama jika hasilnya bagus kemungkinan kerusakan transmisi automatic ada di valve selenoid yang terbakar atau transmisinya yang mengalami masalah jadi bukan dari sistim kelistrikan penyebabnya karena banyak kejadian transmisi automatic yang menggunakan valve selenoid tidak bisa maju ataupun mundur langsung di vonis overhoul ternyata setelah di lakukan overhoul transmisi hasilnya tetap sama cuma penyebabnya dari kelistrikan yang tidak berfungsi hal itu pernah terjadi pada kami ini sekedar shearing pengalaman saja..
sekarang kita lanjut service forklift kelistrikan ke bagian 
  • HAD LAMP lampu depan
  • REAR LAMP lampu belakang
  • dan ACC atau aksesoris
fungsi lain dari sistim kelistrikan adalah perintah mengidupkan lampu aksesoris klakson ataupun kontrol panel berikut adalah arus line dasar sistim kelistrikan untuk lampu
  • batrey-relay batrey (jika di lengkapi)-menuju kunci kontak-lanjut menuju sikring-lanjut ke saklar-lanjut ke relay lampu(jika di lengkapi)-lanjut ke lampu kiri kanan dan depan belakang ini line atau arus dari terminal aki +
  • untuk line dari terminal batrey min(-) batrey -lanjut ke body ataupun langsung menuju housing lampu itu kontruksi dasarnya begitu juga untuk klakson,sein dan aksesoris mekanismenya tidak jauh berbeda 
itulah kontruksi dasar yang sangat sederhana sistim kelistrikan pada mobil truck alat berat dan genzet
 nanti pada saat service forklift berikutnya akan kita bahas lanjutan artikelnya terima kasih

Komentar

  1. Skring 15A sering putus lampu jln sama lampu parkir tdk nyala

    BalasHapus
  2. Maaf ka... Mau nanya nih ka... Dikerjaan saya mempunyai forklif elektrik CAT... Cuman dibagian lampu depan/jalan nya mati sedangkan lampunya masih bagus..... Solusinya ka. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. forklift electric ada tiga model yang lifttruck operatornya berdiri counterbalance orangnya operatornya duduk atau palet mover ..ini model yang mana forkliftnya

      Hapus
  3. Setelah di starter tiba tiba muncul gambar KUNCI PAST pada FORKLIF dam setelah di panasi FORKLIF tidak bisa di STARTER dan indokator mati semua . Solisinya bagaimana ?MEKAN Tolong di beri penjelasannya

    BalasHapus
  4. Saya mau tanya kk saya punya forklipna sumitomo elktrik,
    Pas saya jemper kunci kontaknya di terbentur besi, pas itu langsung mati kontaknya, ga bisa di hidupkan lagi, itu kenapa yah kk

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MESIN DIESEL PADA MOBIL FORKLIFT MAUPUN ALAT BERAT SUSAH HIDUP.....? COBA CEK YANG BERIKUT INI

mesin diesel baik pada forklift truck maupun alat berat susah di hidupkan pada saat pagi hari maupun setelah sehabis mesin di matikan memang terasa menjengkelkan..... terkadang ada hal kecil terlihat sepele namun sering luput dari pemeriksaan kita,kalau hal itu terjadi coba periksa hal berikut ini yang terkadang kita lupakan anatara lain kebocoran pada pipa atau selang solar dari tangki menuju filter solar bila terjadi retak atau clamp pengikat kendor,selang sudah rapuh mengakibatkan mesin sangat susah di hidupkan terdapat kotoran di tangki solar yang menyumbat sehingga solar mampat terkadang ada juga pipa solar di tangki yang di lengkapi dengan strainer atau saringan yang sangat lembut tersumbat kotoran ring solar baik yang dari tembaga maupun dari ring seal yang terpasang di neple filter solar sudah ausmtidak rata ataupun sobek itu juga menyebabkan mesin susah sekali di hidupkan neple solar yang terdapat di injektion pump terkadang ada yang di lengkapi dengan saringan kalau

Penyebab Hidraulik Forklift Excavator Buldozer Whelloader Tidak Mau Naik

Penyebab Hidraulik Forklift dan Alat Berat Tidak Mau Naik      Sering kita mendengar forklift  tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban padahal beban yang di angkat di bawah kekuatan dari tonase itu sendiri.tentu hal itu sangat menggangu aktifitas pada pemakainya.sebagian besar bila tidak mau naik mengatakan pompa hidrauli rusak itu wajar karena pompa adalah sumber dari tenaga hidraulik. dalam artikel   kali ini saya mencoba membahas beberapa penyebabnya anatara lain 1. OLI jika oli berkurang menyebabkan sistim hidraulik tidak mau atau tidak kuat untuk mengangkat beban bahkan mengangkat garpu sendiri tanpa bebanpun akan sangat susah karena fungsi dari oli adalah sebagai cairan yang di gunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung.di samping itu juga oli berfungsi sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan 2.SARINGAN OLI saringan oli atau filter oli kotor dan rusak menyebabkan hidraulik tidak kuat naik karena sebelum masuk

Penyebab Transmisi Automatic Tidak Bisa Jalan | Mobil Forklift Wheelloader

Cara Mengetahui Kerusakan Transmisi Automatic  penyebab transmisi automatic tidak bisa jalan baik pada mobil forklift maupun alat berat ada beberapa hal antara lain  oli berkurang saringan oli transmisi kotor atau rusak pipa atau selang menuju carging pump bocor  pedal kopling selalu menekan pedal macet tidak berbalik carging pump aus atau rusak ring shaft input aus  kanvas kopling dan plat aus atau rusak kelistrikan dan selenoid rusak khusus yang sudah menggunakan valve selenoid spool,pegas dan piston pada valve control aus atau cacat converter lemah atau rusak bagian ini agak jarang terjadi tapi bukan berarti tidak bisa rusak kami katakan jarang terjadi di bandingkan dengan item di atas yang umum dan lebih sering terjadi Dari beberapa permasalahan di atas kerusakan yang sering terjadi yaitu pada kanvas kopling,ring piston,kelistrikan dan selenoid, saringan oli mampat  serta carging pump rusak. mari kita bahas bersama penyebab dan akibatnya kawan.....   Kur