Cara Mudah Memperbaiki Transmisi Automatic Mobil dan Alat Berat
Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas PENYEBAB TRANSMISI AUTOMATIC TIDAK BISA JALAN di sini team service forklift tangerang akan membahas bagaimana cara memperbaikinya.kami bahas berdasarkan pengalaman pribadi dan dengan bahasa yang sangat sederhana agar bisa di pahami oleh semua pembaca.setelah mengetahui beberapa penyebab kerusakan pada transmisi automatic lalu bagaimana langkah memperbaikinya...?
pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu kerusakan di bagian apa,antara lain
- tidak bisa maju dan mundur
- bisa maju tetapi tidak bisa mundur atau sebaliknya
- bisa maju dan mundur tapi tidak kuat menanjak
- pada saat kondisi sudah panas tidak bisa maju dan mundur
- pada saat kondisi sudah panas tidak bisa maju atau sebaliknya
itu beberapa permasalahan yang harus kita ketahui terlebih dahulu di awal pemeriksaan agar lebih mudah menganalisa kerusakan di bagian mana.....mari kita lanjutkan kawan.....
jika kendalanya sama sekali tidak bisa maju ataupun mundur walaupun kondisi masih dingin dalam arti baru di start itu menandakan ada sistim yang tidak bekerja penyebab yang sering terjadi dan paling dominan di bagian ini adalah
- kurang oli
- carging pump rusak
- arus listrik putus dan selenoid rusak kusus yang sudah menggunakan valve selenoid
- dan kemungkinan lain adalah converter rusak
empat hal tersebut yang sering terjadi bila kendalanya tidak bisa maju ataupun mundur sama sekali.disini kami tegaskan sekali lagi bukan berarti tidak ada penyebab yang lain cuma berdasarkan pengalaman pribadi 4 hal tersebut yang sering sekali kami temukan penyebabnya.
lalu langkah selanjutnya adalah cek oli transmisi dan tambahkan sesuai ukuran level up di dipstik
kemudian cobalah untuk di start dan jalankan maju ataupun mundur jika tetap tidak bergerak bagaimana selanjutnya.....?
jika oli sudah cukup tapi tetap tidak begerak sebetulnya bisa di cek dengan presure gauge yaitu alat untuk mengukur dan mengetahui tekanan oli dari pompa apakah ada tekanan atau tidak bahasa mudahnya yaitu oli naik atau tidak
tapi jika kita awam atau tidak mempunyai presure gauge ada cara manual yang bisa kita lakukan secara koboy dengan cara hidupkan mesin lalu buka plug atau baud penutup untuk tempat memasang presure gauge yang terdapat di valve kontrol coba perhatikan apakah oli menyembur dengan kuat atau sebaliknya bahkan tidak keluar sama sekali.
jika dengan cara manual di atas sobat masih bingung juga tidak menemukan plug nya lakukan langkah manual kedua yaitu lepas kontrol valve kemudian hidupkan mesin nanti akan terlihat tekanan oli menyembur atau tidak dari tranmisi memang cara ini tidak sepenuhnya akurat untuk mengetahui apakah tekanan oli standar atau lemah jika memang oli menyembur keluar,tapi paling tidak kita bisa mengetahui oli naik ke atas atau tidak.dan bila oli tidak.
kita lanjutkan pekerjaan berikutnya sobat.....
setelah oli kita isi penuh dan tekanan oli kita sudah tau.dan jika ternyata oli tidak naik menandakan carging pump rusak dan harus di ganti tetapi sebelum memutuskan untuk di ganti cek dulu saringan oli transmisi kemungkinan mampat tersumbat kotoran.lalu bila oli naik tapi tekanan sangat lemah juga tidak mampu untuk mendorong atau menggerakan kanvas kopling.
kita langsung melangkah ke no 3 yaitu memeriksa arus listrik dan selenoid ini khusus untuk transmisi automatic yang sudah di lengkapi dengan selenoid valve
untuk memperbaiki bagian ini kita membutuhkan tespen DC caranya lepaskan kabel atau socket yang terdapat di selenoid putar kunci kontak pada posisi ONN kemudian gerakan handel atau tuas transmisi ke posisi maju lalu cek menggunakan tespen DC apakah ada arus listrik sampai di kabel yang kita lepas lalu tes juga sebaliknya yaitu bagian mundur.pada saat kunci kontak di posisi ONN dan tuas di pindah ke posisi maju atau pun mundur harus ada arus sampai di kabel yang kita lepas tadi jika tidak ada arus kemungkinan putus segera perbaiki.kemudian bagaimana cara mengetahui selenoid apakah masih berfungsi atau tidak.....?
cara sederhana periksa selenoid masih bagus atau rusak yaitu lepaskan selenoid dari kontrol valve terus sambung kabel selenoid ke terminal accu plus dan terminal accu minus nanti akan bergerak atau tidak piston yang ada di dalam selenoid jika bergerak bisa dipastikan selenoid masih berfungsi bagus,tapi jika tidak harus di ganti
demikian pengalaman kami dari team service forklift bila kendala transmisi automatic tidak bisa maju dan mundur untuk mengetahui kendala yang lain yaitu baca cara mudah memperbaiki transmisi automatic tidak bisa maju tetapi bisa mundur atau sebaliknya semoga pengalaman kami bisa menambah wawasan kita semua share artikel ini bila menurut sobat bisa bermanfaat buat orang lain terima kasih sampai jumpa di artikel pengalaman pribadi kami selanjutnya
Komentar
Posting Komentar